05 May 2020, 16:50 WIB

Operasi Ketupat 2020, Polri Putar Balik 23.000 Pemudik Bandel


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

Operasi Ketupat 2020 Polri telah memasuki hari-10. Operasi ini memeriksa para pemudik yang nekat untuk pulang kampung. Namun, ternyata masih banyak pemudik yang ngeyel dan nekat. Alhasil hingga hari ke-10 Operasi Ketupat 2020, Polri telah menyuruh 23.000 kendaraan pemudik bandel untuk putar balik.

“Polri telah memutarbalik masyarakat yang nekat mudik pada hari ke-10 Operasi Ketupat 2020,” ujar Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Kombes Benyamin, Selasa (5/5).

Benyamin membeberkan berbagai trik masyarakat yang bandel dan memaksakan mudik walau sudah ada kebijakan larangan mudik dari pemerintah.

Baca juga: Pelanggan Keluhkan Kenaikan Tagihan Listrik yang Tak Wajar

“Banyak cara dilakukan masyarakat untuk memaksa mudik, seperti tidak mengaku mudik kepada petugas. Ada juga yang bersembunyi di dalam truk muatan barang hingga menggunakan jasa travel ilegal,” tuturnya.

Bahkan, menurutnya, di Cilegon, Banten, ditemukan tiga orang pemudik beserta mobil pribadinya rela bersembunyi di dalam sebuah truk pengangkut barang agar tetap bisa mudik ke kampung halaman.

Sementara itu, Benyamin menjelaskan bahwa Polri mendirikan 2.526 pos pengamanan dan pos pelayanan di jalur mudik yang telah disertai dengan pengecekan suhu badan, dan pembagian masker. (OL-14)

BERITA TERKAIT