05 May 2020, 16:29 WIB

Mentan: Stok Beras Akan Kuat Hingga Lebaran


M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) menjamin cadangan beras akan kuat hingga lebaran nanti, selain itu 11 komoditi pangan juga akan aman.

Adapun 11 komoditi yang dimaksud yakni beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi/kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, dan minyak goreng.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan cadangan yang dimiliki stok dari beras cukup aman, ditambah setelah adanya panen raya akan semakin kuat.

"Stok cadangan cukup kuat untuk beras terlebih panen raya yang dari Maret, April, hingga Mei, khusus untuk beras kita kuat," kata Syahrul dalam diskusi daring dengan judul 'Petani Di Antara Kelangsungan Usaha Gonjang-Ganjing Harga Pangan,' Selasa (5/5).

Selain itu, 3 komoditi yakni bawang putih, daging sapi dan daging kerbau telah tersubtitusi dengan impor sehingga pasokannya tetap terjaga.

"Hingga hari ini sudah masuk, minimal sudah memenuhi target minimal dari neraca pangan. Sehingga Insya Allah pasokan 11 komoditi tersedia cukup aman," ujar politisi Partai NasDem tersebut.

Namun, dirinya juga tak menutup kemungkinan adanya keterhambatan saat impor gula dari India yang mentapkan lockdown di negaranya.

"kemarin di lockdown di India menyulitkan impor gula, namun sekarang sudah diberi ruang," pungkasnya.

Diketahui, impor gula dari India sebesar 495 ribu ton nantiny untuk memenuhi kebutuhan masyrakat dalam menghadapi wabah covid serta menurunkan harga di pasaran. (OL-4)

BERITA TERKAIT