05 May 2020, 15:35 WIB

Dua Kelurahan di Jakbar 0 Kasus Covid-19, Ini Resepnya


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Dua kelurahan di Jakarta Barat hingga saat ini berstatus 'zero covid-19' atau nol kasus positif covid-19. Dua kelurahan tersebut ialah Kelurahan Roa Malaka dan Kelurahan Duri Selatan yang berada di kecamatan paling padat di Jakarta, yakni Kecamatan Tambora.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) RI tahun 2016, Kelurahan Roa Malaka hanya memiliki luas 0,53 kilometer persegi dengan 27 RT serta jumlah penduduk mencapai 4.047 jiwa. Artinya kelurahan ini memiliki kepadatan 7 orang penduduk per meter persegi.

Sementara Kelurahan Duri Selatan memiliki luas 0,34 kilometer persegi. Jumlah penduduknya 16.888 jiwa. Artinya kelurahan ini memiliki kepadatan 49 jiwa per meter persegi.

Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effensi mengatakan untuk menjaga dua kelurahan padat penduduk itu dari covid-19 adalah dengan memperketat pengawasan serta penerapan protokol kesehatan untuk warga. Hal itu dilakukan melalui Gugus Tugas covid-19 tingkat RW.

Baca juga: PSBB: Protokol Covid-19 di Gedung Balaikota Depok Nihil

"Agar Gugus Tugas Covid-19 tingkat RW dan para Ketua RT mempertahankan 0 Covid-19 adalah dengan memperketat pengawasan warga," kata Rustam.

Warga juga terus disosialisasikan agar tetap berada di rumah. "Warga juga diminta menjaga jarak, pakai masker, sering cuci tangan, tidak bersentuhan," lanjut Rustam.

Ia juga meminta RT dan RW mengawasi orang dari luar yang datang ke wilayah tersebut.

Sementara itu, selain Kelurahan Roa Malaka dan Kelurahan Duri Selatan, ada enam kelurahan lainnya yang masih zero covid-19, yaitu Kelurahan Jatinegara Kaum, Kelurahan Kuningan Barat, Kelurahan Pulau Harapan, Kelurahan Pulau Panggang, Kelurahan Pulau Pari, dan Kelurahan Pulau Untung Jawa. (OL-14)

BERITA TERKAIT