05 May 2020, 14:35 WIB

Klub La Liga Kembali Berlatih Pekan Ini


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

LA Liga telah mengonfirmasi bahwa klub divisi Primera dan Segunda akan kembali berlatih pada pekanini. Meski demikian, latihan itu masih digelar secara individu setelah adanya kesepakatan dengan otoritas olahraga dan kesehatan Spanyol yang menjamin keselamatan pemain dan staf.

La Liga mengatakan ini sebagai langkah awal untuk melanjutkan kompetisi yang tertunda sejak Maret. Direncanakan dua kasta tertinggi sepak bola Spanyol itu akan kembali bergulir pada pertengahan Juni.

Pemain akan menjalani tes virus korona atau covid-19 sebelum kembali ke pusat latihan. Pemain berlatih secara individu dan diminta telah siap dengan kostum latihan masing-masing.

Pemain tidak boleh melakukan kontak sama sekali dengan para staf. Selanjutnya, sesi latihan akan digelar dalam kelompok kecil yang tidak lebih dari enam pemain.

Pada fase terakhir, klub akan diizinkan untuk melakukan sesi latihan secara berkelompok dalam jumlah tidak lebih dari 14 pemain. Namun, langkah ini akan bergantung dengan kondisi atau kasus covid-19 di negara itu. Jika angkanya terus menurun, maka akan semakin cepat bagi para pemain untuk kembali berlatih secara bersama-sama.

"Langkah-langkah ini memakan waktu sekitar empat minggu dengan fase yang berbeda dan akan ditetapkan oleh pemerintah," bunyi pernyataan La Liga.

"Tes medis yang dilakukan oleh klub, kembalinya pelatihan yang dimulai dengan pelatihan pemain secara individu dan kelompok untuk persiapan sebelum kembali ke kompetisi, yang dijadwalkan pada Juni," lanjut La Liga.

Presiden La Liga Javier Tebas berharap dengan kembalinya sepak bola menjadi momentum bagi masyarakat dapat hidup kembali normal dan menjadi pembangkit semangat di saat pandemi covid-19.

"Kembalinya sepak bola bahwa masyarakat di Spanyol dan seluruh dunia sedang menuju kehidupan normal yang baru," kata Tebas. (theguardian/OL-4)

BERITA TERKAIT