05 May 2020, 11:30 WIB

Sektor Pertanian, Kelautan, dan Investasi untuk Recovery Covid-19


Sektor Pertanian, Kelautan, dan Investasi untuk Recovery Covid-19 Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan fokus mempersiapkan kegiatan di sektor pertanian, kelautan, dan investasi dalam rangka recovery paska pandemi covid-19.

"Ada beberapa hal yang dipersiapkan pemerintah provinsi pada persiapan kegiatan dalam rangka recovery seperti bidang pertanian, kelautan, dan juga investasi," kata Gubernur Provinsi Babel Erzaldi Rosman Djohan, Selasa (5/5).

Ia menjelaskan di bidang pertanian, langkah yang diambil adalah dengan memperbanyak pencetakan sawah.

"Bidang pertanian ini harus ditingkatkan, makanya cetak sawah ini akan kita perbanyak. Selain itu, irigasi yang rusak harus segera diperbaiki," tambahnya.

Bukan itu saja, kata Erzaldi, bantuan-bantuan pertanian pun akan digelontorkan.

Menurut Erzaldi, pertanian adalah mutlak. "Karena Babel adalah daerah keempat yang pangannya masih bergantung kepada daerah luar. Memang ini adalah arena faktor alam kita begini," tukas Erzaldi.

Jadi, imbuhnya, pertanian harus difokuskan dalam rangka recovery ini.

Baca juga: Tanam Serentak Tangkal Krisis Pangan

"Di bidang kelautan, dermaga-dermaga yang beberapa waktu lalu rusak juga akan secepatnya diperbaiki agar dapat menunjang perekonomian," tandasnya.

Selanjutnya, pihaknya mendorong percepatan investasi dan memilih dengan cermat investasi dari komoditas mana yang tidak terlalu banyak dampaknya dari wabah covid-19. "Seperti komoditas udang yang memiliki prospek cerah ke depannya," katanya.

Kita lihat sekarang, sambung Erzaldi, harganya semakin naik. "Malah naik 10.000 rupiah. Artinya dengan peluang alam yang baik ini, harus betul-betul kita fasilitasi invesatasinya. Jangan nanti, mengurus investasi di Babel khususnya di tambak udang ini menjadi lama," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT