05 May 2020, 11:11 WIB

​​​​​​​Jerman Buka Kembali Semua Toko dan Izinkan Bundesliga


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PARA menteri utama Jerman akan menyetujui langkah-langkah untuk lebih memperlonggar pembatasan covid-19 dalam telekonferensi dengan Kanselir Angela Merkel yang dijadwalkan, Rabu (6/5).

Hal itu diungkapkan dua sumber yang dekat dengan persiapan tersebut kepada Reuters, Senin (4/5).

“Para menteri utama negara bagian diperkirakan memberi lampu hijau untuk membuka kembali toko-toko besar, mungkin mulai 11 Mei,” kata sumber itu.

Toko-toko kecil sudah lebih dahulu diizinkan membuka bisnis di ekonomi terbesar Eropa selama mereka menghormati aturan social distancing.

Negara-negara bagian Jerman juga akan mengizinkan liga sepak bola Bundesliga untuk melanjutkan pertandingan, mungkin mulai 15 Mei, di bawah kondisi ketat tanpa penggemar di stadion, kata sumber itu.

Baca juga: Selandia Baru Laporkan Nol Kasus Baru Covid-19

Pada saat yang sama, para menteri utama akan mengizinkan olahraga luar ruangan untuk non-profesional dan anak-anak, tambah sumber itu.

Negara-negara bagian juga akan memberikan persetujuan untuk membuka kembali sekolah untuk semua tingkatan langkah demi langkah, meskipun sebagian besar siswa hanya akan diizinkan masuk sekolah dengan sistem shift bergilir, bukan setiap hari, kata sumber tersebut.

Para pejabat juga menyebut ‘sesuatu harus dilakukan’ untuk secara bertahap membuka kembali nursery dan taman kanak-kanak untuk balita sebanyak mungkin untuk membantu para orangtua yang bekerja, kata satu sumber.

Jerman telah lebih berhasil daripada negara-negara Eropa besar lainnya dalam memperlambat penyebaran virus--diperkirakan setiap 100 pembawa virus hanya menginfeksi 74 lainnya. (CNA/A-2)

 

 

BERITA TERKAIT