05 May 2020, 07:33 WIB

Reagen PCR untuk NTT Tiba Pagi Ini


Palce Amalo | Nusantara

KEPALA Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Timur (NTT), dr Dominikus Mere mengatakan reagen Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk kebutuhan laboratorium di Rumah Sakit WZ Johannes Kupang tiba pada Selasa (5/5) pagi. Belum ada laporan berapa reagen yang akan diterima NTT tersebut. 

"Kita doakan sama-sama sekitar jam 10, reagen bisa tiba di Kupang," kata Dominikus.

Ia mengatakan reagen diterbangkan dengan pesawat Citilink  dari Surabaya, Jawa Timur. Sebelumnya pada Senin (4/5) sore, reagen tersebut diterbangkan dengan pesawat Garuda dari Jakarta ke Surabaya. 

"Di Surabaya, reagen dipindahkan dari kargo Garuda ke ke kargo pesawat Citilink untuk diterbangkan ke Kupang pagi ini," tambahnya.

baca juga: Masjid Demak Mulai Meniadakan Tarawih dan Jumatan

Setelah reagen tiba akan dibawa ke laboratorium agar pemeriksaan swab segera dimulai. Dia memastikan satu-satunya laboratorium PCR di NTT segera beroperasi untuk memeriksa swab. Sampai saat ini, sebanyak 117 sampel swab sudah dikirim dari NTT ke laboratorium di Jakarta dan Surabaya, 11 sampel di antaranya positif korona, 71 sampel negatif korona dan sisanya belum selesai pemeriksaan laboratorium. Menurutnya, seluruh swab dari kabupaten dan kota di NTT akan diperiksa di laboratorium PCR di Kupang tersebut. (OL-3)

BERITA TERKAIT