05 May 2020, 07:17 WIB

WHO Tegaskan tidak Ada Bukti Covid-19 Berasal dari Lab di Wuhan


Basuki Eka Purnama, Nur Aivanni | Internasional

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO), Senin (4/5), mengungkapkan Amerika Serikat (AS) tidak bisa menunjukkan bukti terkait tudingan Presiden Donald Trump bahwa covid-19 berasal dari sebuah laboratorium di Tiongkok.

"Kami tidak menerima data atau bukti apa pun dari pemerintah AS terkait asal virus itu. Jadi, menurut pandangan kami, hal itu hanya spekulasi," tegas Direktur Kedaruratan WHO Michael Ryan dalam sebuah briefing virtual.

Ilmuwan memperkirakan virus korona itu menular dari hewan ke manusia di Tiongkok pada tahun lalu, kemungkinan besar di sebuah pasar yang menjual hewan eksotik untuk dimakan di Wuhan.

Baca juga: Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Prancis Tembus 25 Ribu

Namun, Trump yang meningkatkan kritiknya atas penanganan Tiongkok atas wabah covid-19 mengaku memiliki bukti bahwa wabah itu dimulai dari sebuah laboratorium di Wuhan.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Minggu ((3/5) mengatakan 'Negero Paman Sam' itu memiliki bukti kuat untuk menyokong tuduhan Trump itu.

"Seperti lembaga lain yang bekerja berdasarkan fakta, kami siap menerima informasi apa pun mengenai asal virus itu," ujar Ryan.

"Jika data dan bukti itu memang ada, itu akan tergantung dari pemerintah AS untuk memutuskan kapan dan bagaimana untuk membagikannya. Namun, sulit bagi WHO untuk bekerja tanpa adanya informasi pendukung," imbuhnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT