05 May 2020, 06:45 WIB

Sekolah Bersiap Adakan PPDB secara Daring


(Put/DW/PO/H-1) | Humaniora

PADA minggu pertama Mei 2020, sejumlah sekolah di berbagai daerah tengah menyiapkan diri untuk melaksanakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) di tengah masa pandemi covid-19. Model penerimaan melalui mekanisme daring menjadi pilihan utama mereka.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta, kemarin, tengah menyusun petunjuk teknis pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2020/2021. Jika merujuk pada pelaksanaan normalnya seperti tahun-tahun sebelumnya, PPDB akan diselenggarakan setiap Juni. Itu karena tahun ajaran baru akan dimulai pada pertengahan Juli.

Kepala Bidang Perencanaan dan Penganggaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ellis Rachmayani mengungkapkan pihaknya masih membahas mekanisme PPDB. Harus ada mekanisme baru dalam pelaksanaan PPDB, mengingat saat ini Jakarta dilanda pendemi covid-19 yang mengharuskan tidak ada tatap muka antara pihak sekolah dan orangtua ataupun wali murid atau murid.

"Juknis PPDB dalam fi nishing, mengingat kondisi sekarang ada beberapa hal yang harus disesuaikan ke aplikasi," kata Ellis, kemarin. Diakuinya, saat ini tengah mempertimbangkan seluruh tahapan PPDB tahun ini yang akan diselenggarakan secara daring. PPDB secara daring ju PPDB secara daring juga tengah disiapkan Dinas Pendidikan Kota Palembang Kebijakan PPDB itu sesuai dengan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 dan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Akhmad Zulinto, mengatakan pedoman umum PPDB di Kota Palembang dilaksanakan dengan menggunakan mekanisme daring melalui web https://ppdbpalembang. id. Untuk pendaftaran tingkat SMP, dimulai secara serentak pada 11 sampai 19 Mei, dan penetapan hasil pada 20 mei 2020.

Persiapan PPDB di Nusa Tenggara Timur (NTT) juga tengah dibahas pihak terkait, kemarin. Ada dua opsi yang mengemuka, yakni menggunakan sistem online dan offl ine. Untuk sistem offline, dinas pendidikan akan menerapkan physical distancing atau menjaga jarak aman antara satu calon siswa dan calon siswa lainnya. "Untuk sistem online tidak ada masalah, tetapi pelaksaan secara offl ine yang akan dibahas bersama dengan perwakilan sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan NTT Benyamin Lola di Kupang. Pembahasan terhadap PPDB sistem offl ine dijadwalkan rampung bulan ini dan akan dilaksanakan pada Juni. (Put/DW/PO/H-1)

BERITA TERKAIT