05 May 2020, 07:30 WIB

Setelah Satu Setengah Abad, Beruang Cokelat Muncul di Spanyol


Fathurrozak | Weekend

SEEKOR beruang cokelat terlihat melintasi wilayah barat laut Spanyol, di suatu wilayah yang tidak rata dan sedikit penduduk. Momen ini terjadi untuk pertama kalinya dalam 150 tahun terakhir.

Penampakkan beruang itu ditangkap di kamera yang diatur oleh kru yang tengah merekam film Montaña ou Morte (Gunung atau Maut) di Taman Nasional Invernadeiro di provinsi Ourense di Galicia.

Meski daerah itu merupakan rumah bagi kawanan serigala, rusa, dan babi hutan, ini diyakini pertama kalinya beruang cokelat terlihat dalam kurun lebih dari satu abad.

"Beruang itu jantan, berusia antara tiga dan lima tahun. Ini adalah yang pertama difilmkan di daerah itu dan mungkin yang pertama melintasi wilayah tersebut dalam 150 tahun terakhir," kata perusahaan produksi Zeitun Films dalam pernyataan yang dikutip dari The Guardian, Senin (4/5).

Menurut dua penjaga satwa liar setempat yang bertugas sebagai penasihat dalam film tersebut, beruang menghabiskan seluruh musim dingin di taman.

“Pekerjaan konservasi selama bertahun-tahun di taman nasional Invernadeiro memungkinkan menjadikan habitat yang cocok untuk beruang cokelat,” tambah pernyataan tersebut.

Beruang cokelat menjadi spesies yang dilindungi di Spanyol sejak 1973. Dalam upaya untuk mengonsolidasikan populasi beruang di Pyrenees antara Prancis dan Spanyol, beruang cokelat dari Slovenia telah diperkenalkan selama dua dekade terakhir.

 Salah satu beruang - yang dikenal bernama Goiat, yang berarti "anak" dalam dialek lokal - membuat marah petani di Catalonia barat laut karena memangsa kuda, domba, dan kambing milik penduduk, serta menghancurkan sarang lebah. Goiat juga dianggap bertanggung jawab atas serangkaian serangan baru-baru ini terhadap domba di wilayah tetangga Aragón, yang memperkuat seruan agar dia dikeluarkan dari daerah itu. (M-4)

BERITA TERKAIT