05 May 2020, 02:40 WIB

OTG Dominasi Pasien Positif COVID-19


Faishol Taselan | Nusantara

ORANG Tanpa Gejala (OTG) mendominasi penambahan jumlah positif COVID-19 di Jawa Timur. Masyarakat diminta waspada jika mengalami gejala mengarah ke Covid-19 untuk segera periksa.

"OTG ini sangat membahayakan, sebab tanpa gejala apapun, namun dinyatakan positif, setelah melakukan tes," kata Ketua Gugus Kuratif  penanganan Covid-19 Jatim Joni Wahyuhadi di Surabaya, Senin (4/5).

Pihaknya menemukan data yang mengejutkan, ketika Orang Dalam Pengawasan (ODP) turun dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga turun,
namun jumlah positif naik. Setelah dilakukan penelusuran, teryata jumlah positif didominasi oleh  mereka yang selama ini tidak menemukan gejala apapun.

Mereka awalnya biasa saja, kata Jony, namun setelah periksa secara mandiri teryata dinyatakan positif, dan OTG yang positif jumlahnya cukup  besar. "Ini yang harus diwaspadai, OTG ini justru mendominasi yang positif. Ini trend sangat mengejutkan dan patut diwaspadai," kata Jony.

Yang mengkhawatirkan lagi, jika OTG ini juga berinteraksi dengan orang lain maka bisa membahayakan orang juga. "Kami mohon masyarakat agar
waspada dan hati hati, jika ada gejala secepatnya periksa diri,"
ujarnya. (R-1)

 

BERITA TERKAIT