04 May 2020, 23:35 WIB

Penyebaran Covid-19 di Babel Berasal dari Empat Kluster


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

KETUA Sekretariat Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa menyebutkan hasil pemetaan di Babel terdapat empat cluster penyebaran Covid-19.

Menurutnya, pemetaan ini untuk lebih mempermudah petugas lapangan dalam melakukan penyelidikan epidemologi (PE) serta mentracking setiap warga yang kontak erat dan dekat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

"Sesuai pemetaan kita ada empat kluster terkait pasien positif covid-19, yakni kluster Jakarta, Semarang, Gowa, dan tanker milik BUMN. Hal ini untuk mempermudah PE dan tracking," ujarnya, Senin (4/5).

Dari data tersebut, berdasarkan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Babel berjumlah 20 orang, terdiri dari kluster Jakarta terdapat di Belitung sebanyak tiga orang, di Bangka Selatan sebanyak dua orang dan di Pangkalpinang sebanyak dua orang.

Lalu, lanjutnya, kluster Semarang terdata di Pangkalpinang sebanyak satu orang. Kemudian, kluster Gowa terdapat di Bangka sebanyak dua orang. Selanjutnya kluster kapal BUMN terdapat delapan orang,

"Sedangkan pasien lainnya dikategorikan transmisi lokal artinya terpapar dari orang yang ada di Babel. Contohnya, pasien yang baru hari ini di Merawang. Penularannya transmisi lokal sebab terpapar dari orang di daerah Pangkalbalam," paparnya.

GTPPC-19 Babel menurutnya tidak bosan mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan meningkatkan standar operasional prosedur (SOP) kesehatan, serta mengenakan masker jika ada keperluan keluar rumah.

"Mari bersama melawan Covid-19 ini, dengan tetap waspada dan meningkatkan SOP kesehatan, yang sehat harus tangguh dan yang sakit harus sembuh, semoga wabah Covid-19 ini segera berlalu di negara dan provinsi kita," ucap Mikron. (R-1)

BERITA TERKAIT