04 May 2020, 22:32 WIB

Kemenhan Bentuk Komduk Bantu Tangani Wabah Covid-19


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

KEMENTERIAN Pertahanan melepas 293 orang relawan Komponen Pendukung (Komduk) Pertahanan Negara Bidang Kesehatan untuk Percepatan dan Penanganan Covid-19. Seluruhnya merupakan perbantuan untuk percepatan penanggulangan pandemi virus korona dan akan bertugas di RS Dr. Suyoto Pusrehab Kemenhan.

"Wabah covid-19 ini adalah ancaman yang sangat berbahaya, ini sebetulnya adalah perang, perang melawan musuh yang tidak kelihatan, perang terhadap musuh yang tidak punya ideologi, tidak punya agenda lain selain mengancam keselamatan manusia," kata Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam keterangan resmi, Senin (4/5).

Ia mengapresiasi Komduk ini atas dedikasi, loyalitas dan kerelaan terhadap tantangan yang dihadapi bangsa. Kesetiaan relawan ini terhadap negara seperti tentara yang berjuang di medan tempur.

Baca juga : Puan: Kita Butuh Gotong Royong Berskala Besar

Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, relawan ini merupakan salah satu dukungan Kemhan terhadap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang mensinergikan seluruh komponen nasional baik di pusat maupun di daerah dengan melibatkan seluruh kementerian/lembaga terkait, TNI dan Polri, serta melibatkan dukungan dari swasta, lembaga sosial dan perguruan tinggi juga termasuk para relawan.

Program ini menyedot atensi masyarakat yang cukup baik.Tercatat 1.768 orang mendaftar lewat situs resmi dan 300 orang melalui aplikasi WhatsApp. Namun hanya 293 calon relawan yang terpilih yang terdiri dari dokter, bidan, perawat, kesehatan masyarakat, ahli nutrisi, analis kesehatan, radiografi, farmasi, dan apoteker. (OL-7)

BERITA TERKAIT