04 May 2020, 20:55 WIB

Pemrov Sumut Ajak Kerjasama Suplai Komoditas Pertanian


Yoseph Pencawan | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara mengajak daerah lain bekerja sama terkait pasokan bahan pangan dan komoditas pertanian. Khususnya, bawang merah dan gula pasir dengan harga saling menguntungkan

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Raja Sabrina mengatakan,provinsinya perlu untuk mengisi kekurangan bahan pangan agar harga dan ketersediaannya dapat terjaga.

"Barangkali Sumut bisa melakukan kerja sama dengan daerah lain supaya kita bisa mendapatkan harga yang pantas bagi masyarakat dengan harga terjangkau," ungka Raja Sabrina, Senin (4/5).

Sabrina memaparkan terdapat beberapa bahan pokok dalam kondisi surplus di Sumut. Di antaranya cabe merah, ayam ras, minyak goreng dan telur. Karena itu, ia mengajak daerah lain yang sedang mengalami kekurangan bahan-bahan tersebut untuk bekerja sama.

Sumut juga butuh mendistribusikannya agar harga di tingkat petani atau produsen tidak anjlok karena stok yang terlalu berlimpah. Apalagi di sisi lain, Sumut juga saat ini mengalami kekurangan bahan pangan seperti bawang merah dan gula pasir.

Namun memang, lanjutnya, terdapat sejumlah masalah teknis yang perlu dipertimbangkan lebih lanjut, khususnya menyangkut soal biaya distribusi.

Kendati demikian, kerja sama ini dinilainya perlu dilakukan Sumut dan daerah lain sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi. Yang mana sistem produksi dan pasokan pangan menjadi kunci penting bagi ketersediaan dan stabilitas harga pangan pokok.

"Pemprov Sumut tidak akan kendor mencari jalan untuk insentif baru dalam mengembangkan inovasi pengendalian inflasi," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Gudang Penyimpanan Bawang Merah di Brebes Terbakar

 

BERITA TERKAIT