04 May 2020, 20:08 WIB

Kemenhub Beri Lampu Hijau Jakarta Batasi Arus Balik


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

KEMENTERIAN Perhubungan memberikan lampu hijau terhadap rencana Pemprov DKI Jakarta untuk membatasi warga yang telah mudik dan akan kembali ke Jakarta pada arus balik nanti.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhuh Budi Setyadi mengatakan Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah melapor serta berkoordinasi dengannya mengenai rencana tersebut.

"Kadishub sudah berkabar sama saya akan dikoordinasikan lebih lanjut teknisnya," kata Budi saat dikonfirmasi, Senin (4/5).

Untuk melakukan kebijakan tersebut, Budi menerangkan Pemprov DKI Jakarta juga akan menggandeng kepolisian.

Budi pun enggan menjelaskan detail regulasi yang akan dijadikan payung hukum pembatasan tersebut serta mekanismenya. Ia menegaskan kebijakan itu akan diumumkan bila telah selesai dibahas.

Baca juga : 183 Kantor Pemegang Izin Kemenperin Tak Adopsi Protokol Covid-19

"Nanti dibahas bersama dulu," tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan akan membatasi warga untuk balik ke Jakarta usai lebaran. Pembatasan itu ditujukan untuk mencegah penularan virus korona dari daerah asal pemudik. Sebab, saat ini tren pertambahan kasus covid-19 di Jakarta mulai menunjukkan penurunan.

Jumlah pasien yang sembuh pun sudah melebih jumlah pasien yang meninggal dunia.

"Karena itulah saya berpesan bagi warga Jakarta, jangan tinggalkan kota ini, karena kalau anda meninggalkan kota ini sekarang, belum tentu anda bisa kembali cepat," pungkasnya.(OL-7)

BERITA TERKAIT