04 May 2020, 17:44 WIB

Bantu Petani, Kementan Realokasi Anggaran Rp435 Miliar


M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) melakukan realokasi anggaran sebesar Rp435 miliar, anggaran tersebut berasal dari lingkup I.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan nantinya dana tersebut digunakan untuk membantu petani yang terdampak wabah virus korona.

"Ini dengan pertimbangan perhitungan terjadinya pagu minus di empat lingkup eselon I," kata Syahrul saat RDP dengan Komisi IV DPR RI, Senin (4/5).

Adapun empat lingkup eselon I yang dimaksud yakni Badan Karantina Pertanian (Barantan) realokasi anggaran sebesar Rp35,97, Sekjen sebesar Rp52,97 miliar.

Baca juga :BPS: Nilai Tukar Petani Turun 1,73 Persen

Selanjutnya Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) realokasi anggaran sebesar Rp151 miliar, dan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (Balitbangtan) sebesar Rp194,22 miliar. Sehingga total keseluruhan mencapai Rp435 Miliar.

"Nantinya dana tersebut dibagi menjadi dua yakni Rp163 miliar untuk keperluan bantuan benih tanaman pangan dan alsintan (alat mesin pertanian) pasca panen," ujar politisi Partai NasDem tersebut.

Sementara sisanya atau Rp272 miliar digunakan untuk alsintan pra panen untuk meningkatkan bantuan/kegiatan yang bersentuhan langsung dengan petani dan pemenuhan komitmen bantuan aspirasi.

"Semuanya dilakkan secara proposional dengan mempertimbangkan RDP 27 April 2020," jelas laki-laki yang akrab disapa SYL tersebut. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT