04 May 2020, 17:15 WIB

Langgar PSBB, 168 Pabrik di Jakarta Disegel


Andhika Prasetyo | Megapolitan

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyegel 168 pabrik di Jakarta karena masih beroperasi di tengah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sedianya, jumlah perusahaan yang melanggar ketentuan mencapai ribuan. Namun, sebagian besar masih bisa dimaklumi sehingga hanya diberikan teguran.

Baca juga: Ada RS Tolak Warga Berobat Karena Tidak Mampu Tes PCR Covid-19

"Pemberian sanksi teguran diberikan kepada 2.673 perusahaan. Mereka tidak patuh terhadap protokol kesehatan," ujar Ketua Gugus Tugas Perxepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo usai mengikuti rapat terbatas, Senin (4/5).

Selain di Jakarta, tindakan tegas juga dilakukan terhadap para pelanggar protokol kesehatan di zona merah lain yang menerapkan PSBB yakni, Riau. Doni mengatakan Gugus Tugas Provinsi Riau telah mengambil langkah hukum terhadap masyarakat yang menciptakan kerumunan.

"Sesuai ketentuan, mereka diperiksa dan diproses masuk ke pengadilan. Tindakan ini mendapat aparesiasi dari jaksa agung dalam rapat terbatas," tuturnya.

Ia pun mendorong pemerintah daerah untuk mengawal secara ketat penerapan PSBB untuk memutus rantai penularan Covid-19. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT