04 May 2020, 14:52 WIB

Ini Alasan Yasonna Pilih Jenderal Polisi Jabat Dirjen Pas


Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum

MENTERI Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly melantik Irjen Reynhard SP Silitonga sebagai Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS). Alasan Yasonna mengangkat Reynhard karena pengalamannya sebagai Direktur Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara.

"Kenapa saya tunjuk saudara? Karena saudara bisa kerja sama dengan cepat dengan Polri dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan stakeholder terkait untu mengatasi masalah narkoba," kata Yasonna dalam upacara pelantikan di Gedung Kemenkumham, Jakarta, Senin (4/5).

Baca juga: Aktivis Curiga Revisi UU MK Dijadikan Alat Barter Uji Materi UU

Menurut Yasonna, Dirjen PAS berhubungan erat dengan kejahatan narkoba. Pasalnya, 50% lembaga permasyarakatan (lapas) diisi oleh narapidana narkoba.

"Saya minta saudara betul-betul memberikan perhatian yang sangat serius menangani narkoba membersihkan lapas dari perbuatan tercela," ujar Yasonna.

Yasonna juga menyinggung pelaksanaan program asimilasi dan integrasi warga binaan di tengah pandemi virus korona (covid-19). Ia meminta Reynhard membangun konsolidasi dengan Kepala Divisi Permasyarakatan (Kadivpas), Kepala Lapas dan Kepala Rumah Tahanan (Rutan) untuk mengawasi program tersebut.

Pengawasan itu berupa pemantauan terhadap 39 ribu napi yang telah dipulangkan, agar benar-benar tak kembali berulah di masyarakat. "Jika ada pengulangan, tidak segan-segan mengambil tindakan tegas dan keras untuk memberikan pendidikan kepada mereka agar nantinya menjadi warga negara yang taat hukum," ucap politikus PDIP ini.

Sebanyak tiga pejabat eselon I dilantik oleh Menkumham. Dua diantaranya dari unsur pejabat Polri. Selain Reynhard, mantan Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Irjen Andap Budhi Revianto mengisi jabatan struktural sebagai Inspektur Jenderal (Itjen) Kemenkumham.

Sedangkan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi diisi oleh Jhoni Ginting. Ia sebelumnya pernah menjabat Inspektur Jenderal (Itjen) Kemenkumham dan sebagai pelaksana harian (Plh) Dirjen Imigrasi. (Medcom.id/OL-6)
 

BERITA TERKAIT