04 May 2020, 12:01 WIB

Ada Wabah Covid-19, PPDB Akan Dilangsungkan Secara Daring


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DINAS Pendidikan DKI Jakarta tengah menyusun petunjuk teknis pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021.

Normalnya PPDB akan diselenggarakan pada Juni setiap tahunnya. Sebab, tahun ajaran baru akan dimulai pada pertengahan Juli.

Namun, Kepala Bidang Perencanaan dan Penganggaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ellis Rachmayani mengungkapkan pihaknya masih membahas mekanisme PPDB.

Harus ada mekanisme baru dalam pelaksanaan PPDB mengingat saat ini Jakarta dilanda pendemi covid-19. Pandemi covid-19 mengharuskan tidak ada tatap muka antara pihak sekolah dengan orangtua maupun wali murid atau murid.

"Juknis PPDB sedang dalam finishing, mengingat situasi kondisi sekarang ada beberapa hal yang harus disesuaikan ke dalam aplikasi," kata Ellis saat dihubungi Media Indonesia, Senin (4/5).

Baca juga: Kesadaran Wabah Minim, Anies: Pendidikan Kurang Merata

Ellis pun menuturkan sedang mempertimbangkan seluruh tahapan PPDB diselenggarakan secara daring.

"Kami mempertimbangkan seluruh pelaksnaan PPDB diupayakan dilaksanakan secara daring," ungkapnya.

Adapun pada tahun-tahun sebelumnya dalam proses PPDB, pendaftaran berkas awal dilangsungkan secara daring. Namun, pihak orangtua murid masih diperbolehkan datang ke sekolah jika kesulitan mengakses situs resmi PPDB. 

Selain itu, ada tahapan lainnya yang mengharuskan orangtua murid datang ke sekolah yakni pada tahap pendaftaran ulang saat murid yang bersangkutan telah dinyatakan lolos dan diterima di skeolah tujuan. (A-2)

BERITA TERKAIT