04 May 2020, 10:56 WIB

Memberdayakan Lahan Kosong Untuk Lumbung Pangan


Ferdinandus Rabu | Nusantara

UNTUK menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Flores Timur, NTT, Bhabinkamtibmas Polres Flores Timur memotivasi warga dengan memanfaatkan lahan kosong ditanami tanaman pangan. Adalah Brigpol Andreas Sapay, seorang Bhabinkamtibmas Polres Flotim yang bertugas di Pospol Tanjung Bunga, memberdayakan lahan kosong yang merupakan lahan milik Pospol Tanjung Bunga untuk ditanami tanaman pangan jenis  holtikulturan dan sayuran. 

"Kebetulan ada lahan kosong milik Pospol. Daripada dibiarkan begitu saja, saya merasa perlu untuk memnafaatkan lahan ini untuk tanaman pangan holtikultura, setidaknya mampu menjaga dan memenuhi kebutuhan pangan. Sudah tiga kali panen, dan  hasilnya cukup memuaskan. Sekali panen bisa menghasilkan tomat 500 kilogram, terung 100 karung, sayuran 50 karung, buncis 130 kilogram. Lumayan untuk membantu pangan kami. Juga bisa untuk dijual dengan harga yang murah untuk membantu warga di desa ini. Kami juga membantu warga kesulitan pangan. Dan saat ini saya sedang persiapkan lahan untuk tanam ketimu dan tomat," kata Andreas, Senin (4/5).

baca juga: Warga Tak Pakai Masker di Medan, KTP Ditahan

Menurut Andreas apa yang dilakukan ini sekaligus memotivasi warga desa untuk mulai memanfaatkan lahan yang ada dengan tanaman pangan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Ini juga untuk memotivasi warga agar rajin memanfaatkan lahan kosong dengan tanaman yang berguna, apalagi untuk kebutuhan pangan, karena saya lihat masih banyak lahan kosong di sini yang dibiarkan begitu saja. Ajakan itu kan harus disertai pula dengan tindakan nyata. Saya memulai memanfaatkan lahan kosong dengan menanami tanaman pangan."

Dia berharap langkahnya bisa ditiru warga sekitar agar di tiap rumah tangga selalu tersedia bahan pangan. (OL-3)

BERITA TERKAIT