04 May 2020, 09:35 WIB

​​​​​​​Trump Sebut AS Akan Punya Vaksin Covid-19 pada Akhir Tahun


Nur Aivanni | Internasional

PRESIDEN Donald Trump, pada Minggu (3/5), mengatakan bahwa Amerika Serikat akan memiliki vaksin virus korona baru (covid-19) pada akhir tahun ini.

"Kami sangat yakin bahwa kami akan memiliki vaksin pada akhir tahun ini, akhir tahun ini," kata Trump dalam siaran acara Fox News. Dia juga mengatakan akan meminta sekolah dan universitas agar dibuka kembali pada September.

Trump menegaskan bahwa dia akan senang jika negara lain mengalahkan para peneliti AS dalam menemukan vaksin untuk virus itu. "Saya tidak peduli, saya hanya ingin mendapatkan vaksin yang berfungsi," katanya.

Saat ditanyakan tentang risiko selama uji coba pada manusia dalam proses penelitian yang berlangsung sangat cepat, Trump mengatakan, "mereka sukarelawan. Mereka tahu apa yang mereka hadapi".

Baca juga: Menlu AS: Ada Bukti Virus Korona Berasal dari Lab Tiongkok

Trump tampaknya mengakui bahwa ia lebih maju dari penasihatnya sendiri mengenai prediksi vaksin tersebut. "Para dokter akan berkata 'Anda seharusnya tidak mengatakan itu'. Saya akan mengatakan apa yang saya pikirkan," katanya.

Dikutip dari Channel News Asia, Senin (4/5), kemarin, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) melaporkan 1.122.486 kasus akibat virus korona di AS, naik 29.671 kasus dari hitungan sebelumnya. Dan jumlah kematian telah meningkat 1.452 menjadi 65.735.

CDC melaporkan penghitungan kasus penyakit pernapasan yang dikenal sebagai covid-19 itu per pukul 16.00 waktu setempat pada hari Sabtu, dibandingkan dengan perhitungannya sehari sebelumnya. (CNA/A-2)

BERITA TERKAIT