04 May 2020, 08:13 WIB

Kemensos: Bansos dari Presiden Cukupi Kehidupan Warga Dua Minggu


Yurike Budiman | Megapolitan

KEMENTERIAN Sosial (Kemensos) telah menyalurkan bantuan sosial dari Presiden RI Joko Widodo. Bansos ini diberikan kepada ratusan keluarga di Kelurahan Rawa Badak Selatan dan Rawa Badak Utara, Jakarta Utara.

Rencananya, bantuan ini akan diberikan secara dua tahap dalam satu bulan.

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI, Harry Hikmat, menilai paket sembako dari presiden ini mampu mencukupi kebutuhan warga selama dua minggu.

"Ini tahap pertama yang secara keseluruhan Kemensos telah menargetkan 5 Mei selesai untuk tahap pertama dan dua minggu kemudian akan disalurkan yang kedua. Jadi bansos yang diterima oleh warga tadi untuk keperluan dua minggu," jelas Harry di Rawa Badak Utara, Minggu (3/5).

Setelah bulan Mei, bantuan sembako ini akan tetap disalurkan dua kali dalam satu bulan hingga dua bulan ke depan. Sehingga secara keseluruhan ada enam kali penyaluran sembako selama tiga bulan (termasuk bulan Mei).

"Mudah-mudahan dengan harapan tiga bulan kemudian covid-19 bisa reda dan tidak menunjukkan indikasi kenaikan lagi sehingga masyarakat bisa segera kembali melakukan kehidupan seperti biasa," ujar Harry.

Baca juga: Mensos Cek Langsung Bansos ke Titik Distribusi

Kemensos telah memberi bantuan dari Presiden Jokowi sebanyak 548 paket untuk Kelurahan Rawa Badak Utara. Sementara untuk Kelurahan Rawa Badak Selatan itu ada 236 paket sembako.

Secara keseluruhan di DKI Jakarta, ada 1,2 juta paket sembako yang akan disalurkan dan di luar Jakarta atau Bodetabek sekitar 600 ribu paket.

"Sehingga total untuk Jabodetabek ada 1,8 juta paket atau kepala keluarga yang mendapatkan sembako. Tapi di luar Jabodetabek bantuannya dalam bentuk uang tunai senilai Rp 600.000 per bulan, selama tiga bulan (disalurkan)," tutup Harry. (A-2)

BERITA TERKAIT