04 May 2020, 06:35 WIB

Semen Indonesia Bantu Tim Medis


HT/BN/YH/RF/RS/OL/AU/JH/PT/AP/JL/EP/DW/N-2 | Nusantara

KEREPOTAN tenaga medis di Jawa Tengah untuk memenuhi kebutuhan alat pelindung diri (APD) terus berkurang. Sumbangan dari sejumlah pihak mengalir dari hari ke hari.

Akhir pekan lalu, PT Semen Indonesia (SIG) menyumbangkan APD dan peralat­an kesehatan senilai Rp500 juta. Selain untuk rumah sakit, APD juga disalurkan ke pondok pesantren di Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta.

“Sumbangan ini diharapkan dapat membantu penanganan pasien di rumah sakit. Untuk pondok pesantren, APD diharapkan dapat membantu upaya antisipasi dan penanganan covid-19 bagi kiai dan santri,” tutur Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan SIG, Sigit Wahono.

Penyaluran bantuan merupakan bagian dari program kerja Satgas Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Tengah yang dikelola SIG bersama 28 BUMN lainnya. Tim telah melakukan pendataan kebutuhan alat kesehatan dan APD bagi rumah sakit dan puskesmas.

“Dalam penanggulangan pandemi covid-19, SIG dan anak perusahaan telah menyalurkan total bantuan senilai Rp15,3 miliar di seluruh wilayah operasional perusahaan,” tandas Sigit.

Solidaritas juga tumbuh di kalangan warga Tionghoa di Kota Malang, Jawa Timur. Bersama pengurus cabang Nahdlatul Ulama, mereka membagikan bahan pangan kepada masyarakat.

Aksi kemanusiaan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Malang Kota dan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Malang itu dilakukan di sekitar klinik NU, di Jalan Aris Munandar. “Semoga aksi ini bisa tepat sasaran. Mudah-mudahan terus berlanjut,” kata Mochamad Anton, mantan Wali Kota Malang.

Solidaritas juga tumbuh di kalangan pengemudi ojek daring di Kota Padang, Sumatra Barat. Dari sumbangan sejumlah pihak, Solidaritas Online Roda Dua berhasil mengumpulkan 900 paket sembako.

Pada akhir pekan lalu, mereka membagikan sembako tersebut kepada para pengemudi ojek daring yang terdampak covid-19. “Kami mengumpulkan dana sejak satu bulan lalu, sedikit demi sedikit,” kata koordinator aksi, Arif Setiawan.

Polisi di sejumlah daerah juga terus bergerak. Di Bangka Belitung, sejumlah anggota polda membagikan ratusan paket sembako ke 13 kelurahan di Kota Pangkalpinang. “Untuk menghindari kerumunan, penyaluran dilakukan langsung ke rumah warga oleh polisi dengan menggunakan sepeda motor. Ada 200 paket sembako yang dibagikan,” kata Kapolda Brigadir Jenderal Anang Syarif Hidayat.

Desa Adat Yangbatu di Kota Denpasar, juga mengambil peran. Melalui Satgas Gotong Royong yang dibentuk warga, mereka berhasil mengumpulkan 600 paket sembako. (HT/BN/YH/RF/RS/OL/AU/JH/PT/AP/JL/EP/DW/N-2)

 

BERITA TERKAIT