04 May 2020, 01:00 WIB

Ikuti Ende, Ngada Tutup Arus Lalu Lintas Warga


Palce Amalo | Nusantara

KABUPATEN Ngada, Nusa Tenggara Timur, Minggu (3/5) menutup sementara arus keluar masuk warga. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus korona (Covid-19).

Kebijakan itu berlaku bagi warga yang mengunakan angkutan darat, laut, dan udara. Ngada adalah kabupaten kedua di NTT yang menutup akses keluar masuk orang setelah Kabupaten Ende melakaukan hal yang sama pada pada 27 April lalu.

Penutupan sementara arus keluar masuk warga di Ngada didasari Instruksi Bupati Ngada Paulus Soliwoa Nomor 60 Tahun 2020 Tentang Pengawasan Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Instruksi itu berlaku sejak 2 Mei dan berakhir pada 31 Mei 2020.

Angkutan penumpang yang nekat beroperasi, akan diminta balik arah. Namun, instruksi itu tidak berlaku bagi kendaraan pengangkut bahan  kebutuhan pokok masih boleh melintas setelah sopir dan kondektur  menjalani pemeriksaan kesehatan. Jika sehat, mereka boleh melanjutkan
perjalanan.

"Kebijakan itu baik. Namun harus dikomunikasikan secara baik dengan semua pihak termasuk para bupati sedaratan Flores," kata Juru Bicara
Pemprov NTT Untuk Penanganan Covid-19, Marius Jelamu. (R-1)

BERITA TERKAIT