04 May 2020, 00:55 WIB

Lampu Hijau La Liga


Akmal Fauzi | Sepak Bola

SINYAL kompetisi sepak bola di Spanyol bisa berlanjut dengan syarat tanpa penonton di tengah pandemi korona terlontar dari Perdana Menteri Pedro Sanchez. Seiring dengan itu, klub-klub elite ‘Negeri Matador’ sudah memulai menjadwalkan latihan, pekan depan.

“Sejujurnya saya lebih mengikuti bola basket, tetapi semoga saja sepak bola juga bisa segera dipertandingkan lagi. Semuanya kembali ke keputusan federasi dan operator liga,” kata Sanchez dalam jumpa pers Sabtu (2/5) waktu setempat seperti dilansir Marca.

“Sesi latihan individual di fasilitas klub sudah diperbolehkan, semoga saja kompetisi segera kembali berlangsung, tetapi sayangnya kita akan menyaksikannya melalui layar kaca dan bukan di stadion langsung,” ia menambahkan.

Itu menjadi angin segar bagi sepak bola Spanyol setelah dua negara Eropa--Belanda dan Prancis--memutuskan tidak melanjutkan kompetisi sepak bola. Belanda bahkan memutuskan kompetisi dihentikan tanpa ada juara.

Di Liga Prancis, Paris Saint- Germain yang berposisi sebagai penguasa klasemen ditetapkan sebagai kampiun musim ini. Rencana kembali bergulirnya La Liga itu seiring dengan keputusan Dewan Menteri pada 28 April lalu terkait dengan deeskalasi penanganan covid-19 di Spanyol yang berlaku mulai hari ini.

Pemerintah Spanyol mengizinkan sejumlah aktivitas publik yang tetap mengindahkan praktik jaga jarak. Itu berarti klub-klub La Liga sudah diperbolehkan untuk menggunakan fasilitas tim untuk sesi latihan individual pemain.

Sejauh ini, Real Madrid mengumumkan menargetkan penggunaan fasilitas klub oleh pemain mulai 11 Mei nanti. Los Blancos berencana memulai kembali sesi latihan di fasilitas klub di kompleks Valdebebas.

Tim elite Spanyol, Barcelona, juga telah bersiap menggelar latihan. Klub wilayah Catalan itu dilaporkan memanggil gelandang Frenkie de Jong agar kembali dari Belanda.

La Liga dihentikan sejak pertengahan Maret. Posisi klasemen sementara memperlihatkan Barcelona memimpin dengan koleksi 58
poin, unggul dua poin atas Real Madrid. La Liga menyisakan 11 laga lagi.


Latihan perdana

Dari Italia, Sassuolo menjadi tim Liga Italia Seri A pertama yang mengumumkan bakal kembali menggelar sesi latihan di fasilitas klub, hari ini. Klub lain, yakni Bologna, Parma, serta AC Milan, juga dilaporkan bakal menggelar latihan hari ini.

‘Pemain hanya diperbolehkan menggunakan fasilitas lapangan dengan tetap jaga jarak, tetapi dilarang memakai fasilitas seperti ruang ganti, gym, maupun kantor’, tulis pernyataan resmi Sassuolo.

Keputusan itu mendahului penyetujuan protokol kesehatan yang diajukan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) ke pemerintah Italia sebagai pendampingan guna memulai kembali aktivitas klub dan kompetisi di negara itu. Akan tetapi, Provinsi Emilia-Romagna, tempat Sassuolo bermarkas, sudah mengeluarkan keputusan bahwa klub-klub olahraga profesional sudah diizinkan melanjutkan aktivitas dengan catatan tetap mematuhi protokol jaga jarak. (Ant/AFP/R-2)

BERITA TERKAIT