03 May 2020, 22:15 WIB

Langgar PSBB, Puluhan PMKS Diinapkan di GOR Ciracas


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

PEMERINTAH Kota Jakarta Timur menjaring 171 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang mengabaikan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Mereka yang terjaring dibawa ke Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Ciracas Jakarta Timur.

"Dari 171 orang, 71 sudah dipulangkan ke keluarganya," kata Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar, Minggu (3/5).

Anwar mengatakan, 19 PMKS lainnya dirujuk ke panti sosial milik Pemprov DKI dan rumah sakit. Rincianya 2 orang dibawa ke Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 2, 16 orang dibawa ke Panti Sosial Balai Mulya Jaya, dan satu orang  orang dirujuk ke Rumah Sakit Budi Asih.

"Sehingga jumlah PMKS yang tinggal di GOR saat per 3 Mei ada 81 orang," Jelas Anwar.

Pemkot Jakut, kata Anwar, secara berkala akan melakukan razia PMKS yang masih berada di jalanan. PMKS yang ditertibkan adalah mereka yang masih mengemper di pinggir jalan atau berkerumun sehingga menimbulkan kekhawatiran menularkan Covid-19.

Pemkot Jakarta Timur juga memberikan pembinaan agar orang-orang yang terjaring dalam Operasi PSBB itu tidak kembali menggelandang di jalanan. Ketidakpatuhan dari warga yang tidak menggunakan masker serta menghiraukan physical distancing atau jaga jarak fisik juga akan ditegur oleh Satpol PP. (R-1)

BERITA TERKAIT