03 May 2020, 21:28 WIB

Jumlah Positif Covid-19 Naik DIY Belum Minat PSBB


Ardi T Hardi | Nusantara

DALAM dua hari belakangan, 1 dan 2 Maret, lonjakan pasien positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) cukup signifikan, bertambah 19 orang. Namun, DIY belum akan mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid - 19 DIY sekaligus Kepala BPBD DIY, Biwara Yuswantara menyampaikan, pihaknya terus mengkaji dan mengevaluasi berdasarkan data-data yang telah dihimpun. Pemerintah daerah berusaha menentukan langkah terbaik selanjutnya untuk pencegahan penyebaran virus semakin meluas.

"Kita terus komunikasikan dengan pusat terkait masalah-masalah yang dihadapai di DIY," kata dia.

Walau jumlah pasien positif Covid-19 meningkat cukup signifikan, ia mencatat, saat ini, jumlah tempat tidur isolasi untuk pasien Covid-19 masih tersisa cukup banyak. Selain itu, dua minggu terakhir tidak ada angka kematian yang bertambah. Angka kesembuhan di DIY juga terhitung tinggi.

Data Sabtu (2/5), dari 114 pasien positif, pasien yang masih dirawat 59, yang sembuh 48, dan yang meninggal dunia 7. Pasien yang dirawat di ruang isolasi di DIY ada 145 orang, sedangkan sisa tempat tidur di ruang isolasi masih 124 tempat tidur.

Baca Juga: Aulia Aqsa Berbagi Pengalaman Sembuh dari Korona

"Masih perlu adanya kajian ulang untuk penerapan PSBB," kata dia.

Untuk mencegah penularan lebih luas, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X telah mengeluarkan surat edaran pada tiga kabupaten agar melakukan pemeriksaan secara masif. Ketiga kabupaten tersebut adalah Sleman, Bantul, dan Gunungkidul.

Data pemeriksaan tersebut akan digunakan untuk memetakan dan mengambil kebijakan yang sesuai. Misalnya, tindakan meningkatkan pengawasan atau kemungkinan-kemungkiann yang lain, termasuk PSBB. (OL-13)

Baca Juga: Tidak Gunakan Masker, Warga Kota Medan akan Kena Sanksi

Baca Juga: Pemkab Malang Perketat Jalur Alternatif Pemudik

BERITA TERKAIT