03 May 2020, 14:25 WIB

Komit Berantas Covid-19, Bupati Tabanan Donasikan Semua Gajinya


Mediaindonesia.com | Nusantara

PANDEMI Covid-19 di Tabanan, Bali memang menimbulkan dampak yang sangat luas, baik dari aspek sosial, ekonomi, maupun kesehatan. Berbagai upaya penanggulangan dan pencegahan virus pun sudah dilakukan Pemkab Tabanan.

Kini langkah lain diambil  Bupati Tabanan Ni Puti Eka Wiryastuti. Ia  berkomitmen mendonasikan seluruh gajinya untuk menanggulangi wabah tersebut .

Baca juga: Kasus Meningkat, Bali Tambah 7 Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Diungkapkan Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Tabanan, Dewa Ayu Sri Budiarti, Bupati Eka memang sudah menyatakan niatnya tersebut. “Iya benar, dan 100% gaji Ibu Bupati langsung diserahkan ke dompet peduli covid-19, dan ini juga ide beliau. Dimana semua ASN juga ikut menyumbang dan dinas sosial yang akan mengelola,” terangnya, saat setelah menjalani Rapat melalui Video Conference dengan Bupati dan pejabat ASN Kabupaten Tabanan, Sabtu (2/5).

Dikatakannya, niat Bupati Eka menyumbangkan seluruh gajinya ini muncul dari inisiatifnya sendiri. "Karena menurutnya, dalam penanganan krisis yang disebabkan oleh virus korona ini, tentu menguras anggaran dan biaya yang tidak sedikit. Apalagi banyak masyarakat yang terdampak, baik secara sosial, ekonomi maupun kesehatan" tambah Ayu.

Saat dikonfirmasi, Bupati Eka menyatakan komitmen tersebut. "Ini bukan lagi masalah kepemimpinan, tetapi ini masalah kemanusiaan. dalam kondisi pandemi seperti ini, kita harus  menguatkan rasa empati kita. Silahkan gunakan seluruh gaji saya sebagai kepala daerah untuk kemaslahatan masyarakat khususnya di Tabanan" tegas Eka.

Tak hanya gajinya sebagai Kepala Daerah, Bupati Eka juga menyumbangkan hasil pertanian miliknya untuk membantu masyarakat yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Sebelumnya, melalui Yayasan yang dipimpinnya Yayasan bernama Ekalawya, dirinya juga  membuat paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat miskin maupun para pekerja yang terdampak covid-19, dan memberikan paket stamina kepada Satgas dan anggota PMI. (Ant/A-1)

BERITA TERKAIT