03 May 2020, 17:20 WIB

Petani Jagung di Brebes Gembira Harga Bagus saat Panen


Supardji Rasban | Nusantara

PETANI jagung di kabupaten Brebes,  Jawa Tengah tersenyum lebar di saat pandemi Covid-19. Sebab hasil panennya dihargai cukup tinggi, sebesar Rp3.000/kg.

Di sejumlah wilayah di Kabupaten Brebes saat ini mulai paanen raya tanaman jagung, seperti di Desa Bulusari, Kecamatan Bulakamba. Sejumlah buruh tani di areal persawahan di Desa Bulusari tersebut Minggu,  (3/5), nampak dengan antusias memanen tanaman jagung.

Tak hanya hasilnya yang lumayan bagus harganya pun termasuk tinggi. Tanaman jagung yang sedang dipanen tersebut sudah dibeli secara tebasan, yakni dibeli secara borogan oleh tengkulak yang datang dari Desa Babakan, Kecammatan babakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Tengkulak jagung, Rastam Mania, menyebut membeli jagung milik petani di Desa Bulusari itu setiap kilogramnya Rp3.000/kg. Harga Rp3.000 per-kilogram itu termasuk mahal.

Rastam mengaku, setiap harinya bisa menjual antara dua sampai tiga truk jagung. "Jagungnya saya kirim ke Jakarta ke Pasar Kramat jati," tutur Rastam yang juga menjadi tengkulak jagung di Cirebon, Jawa Barat.

Menurut Rastam, pengiriman jagung ke Jakarta menggunakan truk tidak menemui kendala karena meskipun ada pelarangan hanya bagi kendaraan pengangkut pemudik. "Jagung kan termasuk kebutuhan pokok jadi diperbolehkan diangkut truk," jelas Rastam. (OL-13)

Baca Juga: Pemkab Cirebon Bebaskan Retribusi Pasar Selama Covid-19

 

 

BERITA TERKAIT