03 May 2020, 16:51 WIB

Boy Dinilai Bakal Beri Nuansa Baru Penanggulangan Terorisme


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

PENGALAMAN Irjen Pol Boy Rafli Amar sebagai Kepala Divisi Humas Polri dinilai bakal memberikan nuansa baru dalam penanggulangan terorisme sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Hal itu diungkapkan oleh pakar terorisme Universitas Indonesia Ridwan Habib.

"Pak Boy ini kan lama di Humas, pernah menjadi Kepala Divisi. Jadi saya kira pendekatan beliau ke masyarakat itu baik, cara berbicara, pendekatan terhadap organisasi masyarakatnya baik," kata Ridwan kepada Media Indonesia, Minggu (3/5).

Oleh sebab itu, Ridwan berharap kepemimpinan yang ramah dari Boy mampu menggandeng organisasi masyrakat dalam membantu tugas pemerintah melawan terorisme. "Jadi jangan sampai seolah-olah musuh teroris hanya BNPT," ujarnya.

Baca juga : Jaksa Agung : Pengangkatan Setia Untung Sesuai Peraturan

Hal senada juga disampaikan oleh Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti. Selain berpengalaman sebagai Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Boy juga memiliki portofolio yang baik dalam bidang terorisme.

"Pak Boy pernah menjadi Kanit Negosiasi Subden Penindak Densus 88/Anti Teror pada 15 Juni 2007 hingga 2 April 2008," tandas Poengky.

Sebelumnya, penunjukan Boy sebagai Kepala BNPT oleh Kapolri Jendral Idham Azis dikritik oleh Ketua Preisidim Indonesian Police Watch Neta S Pane. Menurutnya, pengangkatan Kepala BNPT merupakan kewenangan presiden. Oleh sebab itu, terbitnya TR Kapolri tersebut dinilai melampaui kewenangan Presiden Jokowi.

"Untuk itu TR pengangkatan Boy Rafli sebagai Kepala BNPT itu harus segera dicabut dan dibatalkan," ujar Neta. (OL-7)

BERITA TERKAIT