04 May 2020, 07:00 WIB

Demi Amal, Super Model Dunia Berperagaan dari Rumah


Galih Agus Saputra | Weekend

DUNIA mode menjadi salah satu industri yang terdampak besar akibat wabah covid-19. Pekan mode busana pria di Paris yang sedianya berlangsung Juni dan juga pekan mode adibusana yang sedianya berlangsung 5-9 Juli 2020 sudah dibatalkan.  

Namun tidak ingin mandek kreatifitas sekaligus ingin berpartisipasi dalam perang melawan wabah korona, Carine Roitfeld yang merupakan editor berita fesyen sekaligus mantan pemimpin redaksi Vogue Paris, menginisiasi peragaan busana daring. Melalui organisasi yang didirikannya CR Runway dan lembaga riset AIDS, amfAR, Roitfeld menggelar peragaan busana bertajuk Fashion Unites. 

"Ide ini berasal dari anak saya, jadi bukan sekadar untuk bersenang-senang. Ini untuk menggalang dana, untuk tujuan yang baik, dan membuat senyum di wajah anda," kata Roitfeld di awal peragaan yang diunggah di akun Youtube, jurnalis dan tokoh televisi Amerika Serikat, Derek Blasberg. 

Beberapa super model dari 40 model yang ambil bagian di peragaan itu diantaranya adalah Karlie Kloss, Joan Smalls, dan Irina Shayk. Selain itu ada pula model lawas Eva Herzigova dan Halima Aden yang perempuan Somalia-Amerika pertama yang beberpa waktu lalu turut berkompetisi dalam kontes kecantikan Miss Minnesota.

Meski para model tampil di rumah mereka sendiri, nyatanya persiapan untuk acara itu membutuhkan waktu sekitar satu bulan dan melibatkan 60 orang untuk mengkoordinir acara. Ini dilakukan karena proses casting juga tetap dilakukan dan para model mendapat arahan koreografi dan riasan dari para ahli di bidangnya. Tentu saja proses koordinasi itu semua dilakukan tanpa bertemu langsung. 

“Casting adalah salah satu proses yang cukup panjang. Tiap model yang sedang menjalani lockdown di negaranya masing-masing, pertama-tama diminta untuk mengirimkan video," Roitfeld. Tidak hanya para model top, acara itu juga didukung para desainer dunia seperti Diane von Furstenberg dan Alexander Wang. Namun belum diberitakan jumlah total dana yang terkumpul dari acara itu. (M-1)

BERITA TERKAIT