03 May 2020, 11:41 WIB

20 Pekerja Migran Keluar Dari Tempat Karantina


Arnoldus Dhae | Nusantara

SEBANYAK 20 pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Badung dipulangkan dari tempat karantina di Hotel Rofa Jl. Nakula Timur Legian, Kuta Badung, Bali. Dari 20 orang yang dipulangkan Minggu (3/5), semuanya dinyatakan negatif dan mayoritas beralamat di Kuta Utara, Badung, Bali. Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi membenarkan pemulangan 20 PMI tersebut.

Ia mengajak seluruh PMI yang telah dipulangkan dan sudah bisa bertemu dengan keluarga diharapkan untuk tetap melakukan isolasi mandiri, mentaati anjuran pemerintah terutama menggunakan APD dan tidak keluar rumah untuk batas waktu yang telah ditentukan.

"Memang hasil rapid test para PMI itu dinyatakan negatif. Namun sesuai protokol Covid-19 Bali, mereka tetap melakukan karantina mandiri hingga 14 hari ke depannya," ujarnya.

Roby menjelaskan, sesungguhnya pemulangan PMI pertama dari karantina di Hotel Rofa sudah dilakukan Sabtu 2 Mei 2020 pukul 10.20 Wita. Diharapkan masyarakat sekitarnya bisa menerima dengan baik tanpa ada pengucilan apalagi penolaka. Meski demikian imbauan pemerintah tetap dilakukan terutama menjaga jarak. 

baca juga: 26.526 Pelaku Usaha Perikanan di NTT Terdampak Covid-19

"Ayo jaga kesehatan dengan rajin berolah raga, gunakan masker, dan rajin-rajin mencuci tangan, tetap tinggal di rumah jika tidak memaksa dan yang utama berdoa. Semoga wabah pandemik covid -19 cepat berlalu," ujarnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT