03 May 2020, 09:56 WIB

Rusia Laporkan Hampir 10.000 Kasus Covid-19 Baru


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

JUMLAH warga Rusia yang terpapar covid-19 mencapai 9.623 kasus. Jumlah korban meninggal naik menjadi 1.222 orang, setelah adanya penambahan 57 orang meninggal dalam 24 jam terakhir.Demikian laporan dari Pusat Tanggap Krisis Covid-19 Rusia, Sabtu (2/5). Kekhawatiran meningkat di Moskow setelah rumah sakit kewalahan menerima banyaknya pasien. Rata-rata terjadi lonjakan pasien hingga 200%.

Dari seluruh wilayah Rusia yang terpapar covid-19, Moskow adalah wilayah paling parah terpapar covid-19. Presiden Vladimir Putin telah memerintahkan tindakan  pembatasan, yang disebut hari tidak bekerja hingga 11 Mei. Meskipun jumlah kasus dan kematian yang relatif rendah dibandingkan dengan Amerika Serikat, Italia dan Spanyol, kurva infeksi Rusia belum mencapai puncak.

Wali Kota Moskow, Sergey Sobyanin, memperingatkan ibu kota Rusia belum melewati puncak wabah.

"Ancaman tampaknya meningkat," kata Sobyanin dalam blog-nya. 

Ia menambahkan 2% dari populasi Moskow atau lebih dari 250.000 orang diyakini telah tertular virus.

baca juga: Puluhan Orang Tewas dalam Kerusuhan di Penjara Venezuela

"Menurut tes skrining dari berbagai kelompok populasi, jumlah sebenarnya dari yang terinfeksi adalah sekitar dua persen dari total populasi Moskow," kata Sobyanin.

Sobyanin mengatakan kepada stasiun TV Rossiya-1 bahwa, jika situasinya memburuk, pihak berwenang dapat memangkas jumlah izin digital yang dikeluarkan untuk perjalanan melintasi kota. (Al Jazeera/OL-3)
 

BERITA TERKAIT