03 May 2020, 05:44 WIB

Lanjutan Liga Inggris di Tempat Netral Ditentang


Akmal Fauzi | Sepak Bola

CEO Brighton & Hove Albion Paul Barber menentang rencana untuk melanjutkan Liga Primer di tempat netral. Dia khawatir, langkah itu akan berpengaruh terhadap integritas kompetisi. Sebelumnya, pada Jumat (1/5), klub-klub Liga Primer Inggris tetap berkeinginan untuk menuntaskan kompetisi yang kini sedang tertunda akibat pandemik virus korona (covid-19). Dalam pertemuan virtual itu, disepakati 92 laga yang tersisa bisa digelar di 10 stadion netral dan tanpa penonton.

"Jelas, kami semua harus siap untuk menerima beberapa kesepakatan. Dan kami sepenuhnya menghargai mengapa bermain tanpa penonton sangat mungkin menjadi kesepakatan yang diperlukan untuk melanjutkan pertandingan tersisa dan sepenuhnya mendukung upaya pemerintah untuk menahan penyebaran virus korona," kata Barber

"Tetapi pada titik kritis pada musim ini, bermain pertandingan di tempat-tempat netral dalam pandangan kami, potensi untuk memiliki efek material pada integritas kompetisi," lanjutnya

Brighton memiliki lima laga kandang dari sembilan pertandingan yang tersisa di musim ini saat mereka berjuang untuk menghindari degradasi. Seagulls-julukan Brighton-, saat ini berada di posisi 15, unggul dua poin dari zona degradasi. Barber khawatir kehilangan keunggulan laga kandang ditambah lagi pertandingan digelar tanpa penonton.

"Kerugian dari kami yang tidak memainkan di laga kkandan, bahkan dengan 27.000 penggemar Albion sangat tidak mungkin untuk hadir di (stadion) Amex, sangat jelas," kata Barber.

Liga Primer disebutkan akan menggunakan antara 8 dan 10 stadion. Syarat mutlak stadion itu harus jauh dari pemukiman warga sehingga meminimalisir kemungkinan terpapar covid-19. Beberapa laporan bahkan menyebut Stadion Amex Brighton sebagai salah satu stadion yang dipertimbangkan. Namun, Barber membantah kabar tersebut.

baca juga: Aguero Ingin Laga City vs Real Madrid Ada Penonton

"Kami belum ditanya apakah kami akan mempertimbangkan stadion kami digunakan sebagai tempat netral untuk pertandingan Liga Premier yang tersisa, oleh kolega kami di liga, pemerintah atau polisi," katanya. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT