03 May 2020, 04:00 WIB

Bhayangkara FC: Sebaiknya Liga 1 Musim Ini Disetop


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

CHIEF Operating Officer Bhayangkara FC Sumardji menyarankan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyetop Liga 1 musim 2020. Sebelumnya, PT LIB meminta saran dari para klub mengenai nasib kompetisi musim ini.

Ia mengatakan tak mungkin melanjutkan kompetisi di tengah pandemi virus korona (Covid-19). Terlebih, kasus positif terus bertambah dari hari ke hari. Selain itu, jika pemerintah tak kunjung mencabut status tanggap darurat bencana Covid-19 pada 29 Mei, lebih baik kompetisi dihentikan total.

"Apabila dalam situasi virus korona ini sampai waktu yang ditentukan 29 Mei tidak ada perkembangan, maka sebaiknya untuk Liga 1 2020 disetop. Lalu, kompetisi dibuka kembali pada awal 2021," kata Sumardji, Sabtu (2/5).

Saran Sumardji ini mengacu pada keputusan PSSI saat menghentikan kompetisi dengan status force majeure pada Maret. Saat itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan akan menghentikan total kompetisi jika pemerintah tidak mencabut status tanggap darurat pandemi pada 29 Mei.

Iriawan pun merencanakan menggelar kompetisi khusus ketika kompetisi musim ini akhirnya dibatalkan. Namun, belum ada pembicaraan lebih lanjut soal opsi itu.

Direktur Operasional PT LIB Sujarno mengatakan saran dari klub akan ditampung oleh pihaknya dan PSSI. Saran itu akan menjadi pertimbangan PSSI dalam mengambil keputusan terkait kelanjutan Liga 1 dan 2.

"Semua kan tergantung PSSI. Masukan klub itu ke LIB dan PSSI biasanya, baru nanti diputusin PSSI," kata Sujarno. (R-1)

BERITA TERKAIT