02 May 2020, 23:38 WIB

523 Kendaraan Nyaris Mudik dari Tangerang


Cindy Ang | Megapolitan

SEBANYAK 523 kendaraan berpotensi mudik di wilayah hukum Polresta Tangerang Polda Banten diputarbalikkan. Angka tersebut akumulasi selama delapan hari pelaksanaan Operasi Ketupat 2020.

"Kendaraan berpotensi mudik itu telah diputarbalikkan oleh petugas gabungan yang berada di beberapa titik lokasi pos check point," kata Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indradi saat di konfirmasi, Sabtu, (2/5).

Baca juga: Dalam 3 Jam, Polisi Tangkap 15 Travel Gelap Bawa 113 Pemudik

Ade merinci dari 523 kendaraan mudik yang diputarbalikan terdiri dari 165 kendaraan pribadi roda empat, 242 kendaraan roda dua, 85 bus umum dan 31 mini bus umum.

Polresta Tangerang akan terus mengedukasi masyarakat terkait anjuran pemerintah untuk tidak mudik saat wabah covid-19.

Dia berharap masyarakat tidak nekat melakukan mudik lebaran. "Dipastikan pemudik akan diberhentikan dan dilakukan pemeriksaan oleh pihak kami dari kepolisian dan petugas gabungan lainnya di lokasi check point" tegas Ade.

Baca juga: Ini Tiga Tips Hindari Cabin Fever di Masa Pandemi Korona

Kabid Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi mengatakan Operasi Ketupat 2020 mengedepankan prinsip preemtif dan preventif. Upaya ini untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait larangan mudik serta pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Operasi Ketupat Kalimaya di tahun ini sangat berbeda dibanding tahun sebelumnya, karena lebih awal dilaksanakan dan lebih spesifik berdasarkan sasaran operasi di tengah kondisi Pandemi covid-19" Jelas Edy.

Edy berharap seluruh elemen masyarakat turut bekerja sama demi memutus rantai penyebaran virus korona. Kebijakan ini semata-mata demi menjaga keselamatan warga.

"Mari sayangi keluarga anda, jangan bawa potensi virus ke kampung halaman dan lebih baik untuk tetap di rumah," pungkas Edy. (X-15)

BERITA TERKAIT