03 May 2020, 00:55 WIB

Jamu Jawana


MI | Humaniora

KEHEBOHAN tentang empon-empon sebagai pencegah covid-19 kembali mengingatkan pada kekayaan jamu Nusantara. Maka, tidak hanya kedai jamu, pengusaha minuman pun kini ramai memproduksi jamu, khususnya empon-empon.

Namun sesungguhnya banyak varian jamu lainnya yang juga berguna untuk imunitas. Suwe Ora Jamu, kedai jamu kekinian di Petogogan, Jakarta Selatan, memiliki varian Jamu Jawana, alias jamu jaga stamina. Jamu ini terbuat dari bahan sederhana, di antaranya temulawak, kunyit, lengkuas, dan jahe merah. Ada pula tambahan antiseptik seperti sereh, sirih, kayu manis, dan jeruk manis untuk meramu harmoni rasa dan khasiat.

Nova Dewi Setiabudi, pendiri Suwe Ora Jamu pun berbagi tentang cara pembuatan jamu secara umum. Proses memasak bisa menggunakan dua cara, dihaluskan atau diiris tipis saja, tergantung tingkat kekentalan yang diinginkan, bisa dinikmati dingin atau hangat.

Nova juga mengingatkan, agar khasiat jamu tidak hilang, begitu air hampir mendidih, api harus segera dimatikan. Tentu saja untuk memasak jamu ini menggunakan air yang sudah layak untuk dikonsumsi, baik berupa air yang sudah dimasak atau air mineral.

Dengan cara masak yang benar, rasa kunyit, jahe merah, temulawak, dan lengkuas berpadu dengan sereh, sirih, dan kayu manis, jeruk manis terasa segar dimulut. Seketika badan menjadi hangat dan nyaman karena kandungan jahe merah.

Nova menjelaskan pengetahuannya soal jamu didapat secara turun-menurun. “Eyang putri saya yang mengajarkan dan saya ingin
membagikannya kepada generasi muda agar mereka tahu dan suka rasa jamu serta memahami filosofi nya. Jamu itu dari kata jampi
atau doa. Filosofi nya sendiri merawat alam, jadi dibuat secara alami,” tutur Nova. (M-1)

BERITA TERKAIT