02 May 2020, 23:14 WIB

Wakil Presiden FIFA Lempar Wacana Geser Kalender Kompetisi


Antara | Sepak Bola

WAKIL Presiden FIFA Victor Montagliani melempar wacana untuk menggeser kalender kompetisi sepak bola Eropa agar dimulai dari awal tahun atau selepas musim dingin, ketimbang setelah musim panas sebagaimana format yang diterapkan mayoritas liga-piala domestik saat ini.

Menurut Montagliani hal itu "mungkin dibicarakan" menyusul pandemi COVID-19 yang membuat kompetisi sepak bola di hampir semua belahan dunia tertangguhkan setidaknya sudah dua bulan lamanya.

Dalam wawancara dengan stasiun radio Italia, Radio Sportiva, Montagliani yang dikenal kolega dekat Presiden FIFA Gianni Infantino itu menyebut penggeseran kalender kompetisi bakal berkesesuaian dengan jadwal Piala Dunia 2022 Qatar yang rencananya dimainkan November-Desember.

Infantino sendiri sebelumnya sempat melontarkan komentar bahwa sepak bola akan sama sekali berbeda ketika kembali dimainkan dan penangguhan saat ini bisa menjadi peluang bagus guna menyusun ulang kepadatan kompetisi hingga 2024.

"Kami punya kesempatan untuk itu (menggeser awal-akhir kalender kompetisi) sebab Piala Dunia 2022 Qatar akan dimainkan November-Desember, itu bisa menjadi sebuah ide baru," ujar Montagliani dilansir Reuters, Sabtu (2/5).

Montagliani merupakan Presiden Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara dan Tengah (CONCACAF), yang salah satu liga domestik paling menterengnya, MLS Amerika Serikat, dilangsungkan dalam periode Februari-November ketimbang setelah dan sebelum musim panas seperti di kebanyakan negara Eropa.

"Di sini, di Amerika, musim biasanya dimainkan sesuai kalender tahunan, bisa saja itu menjadi solusi yang bisa diterapkan di Eropa dan Afrika, atau bahkan diwacanakan di tingkat nasional maupun benua," kata Montagliani. (OL-12)

BERITA TERKAIT