03 May 2020, 00:10 WIB

Nikmat dan Kuatkan Tubuh


Rukmi Hapsari | Humaniora

DI musim pandemi ini, sekadar kuliner lezat saja tidak lagi cukup. Pentingnya menjaga imunitas tubuh membuat kita harus memilih kuliner yang juga bergizi tinggi. Terlebih bagi yang menjalankan ibadah puasa, makanan dengan gizi cukup juga dibutuhkan untuk menjaga stamina seharian.

Berikut Media Indonesia pilihkan sajian-sajian kaya khasiat yang juga enak dari kekayaan kuliner Asia:

Ginseng Samgyetang

Sajian ayam, terutama yang berwujud sup, telah lama diyakini sebagai salah satu makanan penyembuh. Disajikan hangat dengan kaldu yang gurih serta tambahan aneka rempah dan sayur, di seluruh penjuru dunia sup ayam tampil dalam aneka versi.

Samgyetang, salah satu warisan kuliner kebanggaan Korea, patut dicoba. Sup ayam yang di negeri asalnya disajikan saat musim
panas ini identik dengan ginseng. Di sana, mangkuk sup menyajikan ayam muda utuh dengan ginseng yang disematkan di tengahnya.

Ketan putih, bawang putih, hingga jahe pun ikut dijejalkan. Di Jakarta, Samgyetang bisa dijumpai di SamWon House, yang salah satunya ada di Central Park, Jakarta Barat. Di sini, versinya diadaptasi dengan kapasitas lokal sehingga ayam tak hadir utuh, tapi tetap dalam ukuran yang sangat mengenyangkan.

Sup ini makin nikmat dengan kimchi. Makanan yang kerap disebut juga sebagai asinan Korea ini biasanya terdiri atas sawi dan lobak yang difermentasi dengan bumbu pedas. Namun, pada sajian kali ini bumbu yang utama ialah jahe yang sudah diketahui bermanfaat untuk imunitas.

Bagi yang berpuasa, sajian ini dapat menjadi rekomendasi untuk berbuka bersama keluarga. Selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), SamWon House melayani pembeli dengan sistem antar. (M-1)

BERITA TERKAIT