02 May 2020, 21:41 WIB

Komunitas Abang None dan TurunTangan Bagikan Sembako


Antara | Megapolitan

KOMUNITAS Abang None dan Komunitas TurunTangan Jakarta menyalurkan bantuan 200 paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jakarta Timur, Sabtu (2/5).

Arief selaku koordinator kegiatan yang juga anggota Abang None menyebutkan bantuan sembako disalurkan di tiga wilayah sekaligus yakni Pulo Gadung, Pulo Jahe dan Pengarengan. "Kami menyusuri gang-gang kecil untuk menyalurkan langsung kepada masyarakat terdampak," kata Arief.

Arief mengatakan pandemi Covid-19 menimbulkan dampak ekonomi bagi masyarakat kecil yang kesulitan untuk memunuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Kesulitan yang dihadapi masyarakat membutuhkan kepedulian semua pihak termasuk Komunitas Abang None yang berkolaborasi bersama Komunitas TurunTangan Jakarta.

Agar bantuan tepat sasaran, tim relawan telah memetakan masyarakat yang membutuhkan bantuan terutama yang belum tersentuh oleh bantuan sosial dari pemerintah. "Kami memprioritaskan warga yang belum mendapatkan bantuan sama sekali," kata Arief.

Selain 200 paket sembako relawan juga membagikan 24 kotak susu. Donasi tersebut bersumber dari "cowdfunding' Abang None dan donatur TurunTangan. "Semua berharap pandemi ini segera berakhir. Dan yang kami lakukan saat ini adalah mengambil peran untuk membantu warga terdampak," kata Pebri, salah satu anggota Komunitas TurunTangan.

Sejak awal pandemi Covid-19, Komunitas TurunTangan Jakarta aktif menggalang donasi untuk disalurkan kembali kepada masyarakat.

Di awali pembagian masker dan cairan hand sanitizer kepada pekerja yang tetap bekerja di kantor selama pandemi. Komunitas TurunTangan juga membagikan paket makanan kepada petugas penjaga makan di TPU rujukan untuk jenazah Covid-19. (OL-12)

BERITA TERKAIT