02 May 2020, 20:41 WIB

Tiga Orang FC Koln Positif Covid-19, Bundesliga Dipertanyakan


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

TIGA orang di FC Koln dinyatakan positif terjangkit covid-19. Pihak klub merahasiakan identitas dari tiga orang tersebut untuk melindungi privasi.

Pihak klub juga mengatakan ketiganya tidak menunjukkan gejala. Serta, menjalani isolasi diri selama 14 hari. Namun, informasi soal pasien positif dibocorkan oleh politikus senior, Karl Lauterbach.

"Sepertinya dua pemain, satu staf terinfeksi," bunyi cuitan Lauterbach melalui akun Twitter pribadinya.

Baca juga: Bintang Liga Primer Inggris Galang Dana untuk Perangi Covid-19

Lauterbach yang juga profesor kesehatan dan epidemilogi di Universitas Cologne, menyayangkan sikap klub yang melanjutkan latihan setelah ditemukan kasus positif covid-19. Seharusnya, lanjut dia, semua pemain dikarantina untuk mencegah penularan.

"Saya terkejut bahwa para pemain tetap berlatih. Siapa pun yang berlatih dengan covid-19 berisiko mengalami kerusakan paru-paru, jantung dan ginjal," pungkasnya.

Kabar ini tentu akan menghadirkan pertanyaan apakah Bundesliga kembali dilanjutkan pada 16 Mei mendatang. Sebelumnya, pemerintah Jerman berencana melanjutkan aktivitas olahraga ketika aturan lockdown mulai dilonggarkan.

Baca juga: Jerman Setujui Uji Coba Vaksin Covid-19 ke Manusia

Namun, tiga kasus covid-19 di lingkungan klub menunjukkan tidak adanya jaminan kesehatan bagi pemain saat pertandingan dilanjutkan. Sekalipun dilakukan secara tertutup.

Meski klub menerapkan pedoman medis dan physical distancing dengan ketat, namun tetap ada pemain yang terpapar covid-19. Perdebatan terkait nasib Bundesliga terus mengalir. Pasalnya, ada kekhawatiran menggelar pertandingan di tengah pandemi yang merenggut nyawa enam ribu warga Jerman. Pemerintah disinyalir akan mengeluarkan keputusan akhir terkait Bundesliga pada pekan ini.(Eurosport/RTE/OL-11)

BERITA TERKAIT