02 May 2020, 17:56 WIB

Gubernur Mau Terapkan PSBB se-Riau


Rudi Kurniawansyah | Nusantara

GUBERNUR Riau Syamsuar akan mengajukan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat Provinsi Riau yang berlaku menyeluruh untuk 12 kabupaten dan kota se-Riau.

Sejauh ini, PSBB di Riau baru diterapkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang kini sudah diperpanjang memasuki tahap 2 terhitung dari 1 Mei hingga 14 Mei mendatang.

"Saya sudah minta staf untuk menyusun proposal dan melampirkan kajian ahli medis dan epidemiologi untuk diserahkan ke Menkes (Menteri Kesehatan). Mudah-mudahan dalam waktu dekat PSBB di Provinsi Riau," kata Gubernur Syamsuar didampingi Wali Kota Pekanbaru Firdaus di posko tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 gedung daerah Riau, Pekanbaru, Sabtu (2/5).

Baca juga: Gubernur Jatim Kirim Sembako dan Alat Medis ke Kepulauan Raas

Syamsuar menjelaskan, pihaknya telah mendengar dan menerima hasil kajian dari tim ahli medis dan epidemiologi terkait penetapan PSBB di Riau. Dalam kajian itu direkomendasikan untuk penuntasan penanganan covid-19 maka perlu dilaksanakan PSBB pada tingkat Provinsi Riau yang berarti meliputi 12 kabupaten dan kota.

"Mereka (ahli medis dan epidemiologi) menyampaikan ke kita merekomendasikan untuk penuntasan penyebaran covid-19 perlu dilakukan PSBB Provinsi Riau," ungkap Syamsuar.

Baca juga: MA Tolak Pemakzulan Wali Kota Pematangsiantar, DPRD: Tunggu KPK

Ia menambahkan, pihaknya dan tim gugus tugas covid-19 sangat mendukung hasil kajian tersebut. Termasuk dari forkopimda Riau, forum universitas, tokoh agama, tokoh masyarakat Riau juga sangat mendukung PSBB dilaksanakan di provinsi.

Gubernur Riau Syamsuar juga meminta dukungan dari Bupati dan Wali Kota se-Riau untuk dapat melaksanakan PSBB di tingkat provinsi. Hal itu demi keberhasilan tujuan PSBB dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Riau. (X-15)

BERITA TERKAIT