02 May 2020, 17:36 WIB

Jokowi Mania-Sandiaga Uno Beri Bantuan ke Warga Bantargebang


Abdillah Muhammad Marzuqi | Megapolitan

SEBANYAK 300 Kepala Keluarga (KK) di lingkungan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantargebang Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (3/5), menerima bantuan berupa paket sembako.

Bantuan tersebut diberikan oleh Relawan Jokowi Mania atau Jo-Man bersama mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno dalam Aksi Relawan Indonesia Bersatu Lawan covid-19.

Ketua Jokowi Mania (Jo-Man) Immanuel Ebenezer mengatakan, warga di lingkungan TPA Bantargebang membutuhkan perhatian, karena selama pandemi virus korona atau covid-19 terjadi nyaris tidak tersentuh.

"Bersama Pak Sandi, kita ingin memberi perhatian kepada warga TPA Bantargebang yang terdampak covid-19. Mereka disini nyaris tidak tersentuh bantuan," ucap Immanuel di lokasi pendistribusian sembako, Sabtu (3/5/2020).

Baca juga: Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19

Pandemi covid-19, kata Immanuel, merupakan wabah internasional yang penyelesaiannya harus dilakukan bersama. Selain itu, pemerintah diharapkan tidak hanya fokus melakukan pencegahan dan penanganan virus saja, melainkan mempersiapkan kebutuhan pokok masyarakat terdampak selama terjadinya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Pemerintah Pusat sangat serius melakukan pencegahan dan penanganan wabah ini. Saya harap pemerintah daerah melakukan hal yang sama dan memperhatikan warganya yang terdampak. Penuhi kebutuhan pokok mereka secara layak, agar selama PSBB mereka semua bisa patuh dan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing," ujar Immanuel.

Baca juga: Ada Pandemi, Sandiaga Uno Modifikasi Cara Bermain Basket

Selain itu, Immanuel menjelaskan kehadiran Sandiaga Uno bersama Relawan Jokowi Mania sebagai program pemersatu Bangsa pasca terjadinya Pemilihan Presiden 2019. Saat itu, Sandiaga Uno merupakan calon Wakil Presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto yang bersaing dengan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kita berharap program ini bisa mencairkan suhu politik warisan Pilpres 2019, sehingga ke depan tidak ada lagi pergesekan politik baik di tingkatan pusat maupun basis massa," harapnya.

Sandiaga Uno menjelaskan kedatangannya bersama Relawan Jokowi Mania sebagai bentuk empati atas bencana non alam yang terjadi.

Pandemi covid-19, menurut Sandi, merupakan masalah bersama. Sehingga seluruh komponen masyarakat harus bergandengan melawan virus ini.

"Saat pandemi semua harus bersatu, tidak boleh ada warna atau keberpihakan secara politik. Saya bersama Jo-Man menegaskan, musuh kita adalah covid-19. Mari kita lawan dengan mengikuti apa yang dianjurkan oleh pemerintah," tegas Sandiaga Uno.

"Kegiatan ini sebagai Aksi Relawan Indonesia Bersatu Lawan covid-19," pungkasnya. (X-15)

BERITA TERKAIT