02 May 2020, 16:42 WIB

BAZNAS Salurkan Bantuan bagi yang Terdampak Pandemi


Antara | Nusantara

BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyalurkan bantuan ke masyarakat yang terdampak pandemi virus korona atau Covid-19.

"Semesta mengajarkan bahwa berbagi adalah sebuah keniscayaan. Bahagia melihat mereka bahagia adalah pekerjaan sesungguhnya sebuah "hati", karena kecenderungan hati selalu pada kebajikan," kata Ketua Baznas Sulut Abid Takalamingan di Manado, Sabtu (2/5).

Baznas Sulut, katanya, menyikapi pandemi Covid-19 ini, Baznas Kotamobagu tidak lagi mengumpulkan massa penerima dalam penyaluran bantuan sekaligus, melainkan turun langsung ke rumah-rumah warga. Hal ini sesuai petunjuk Baznas Pusat dan imbauan Menteri Agama RI. "Dibantu beberapa relawan, Baznas Kotamobagu masih terus turun ke rumah-rumah warga terdampak dan para dhuaffa guna menyalurkan bantuan," Kata Ketua Baznas Kota Kotamobagu, Jainudin Sp.

Jainudin memperkirakan proses penyaluran ini akan memakan waktu agak lama. "Disamping sambil mendata calon penerima, kami baru menurunkan satu tim penyalur. Diutamakan adalah mereka yang belum sama sekali tersentuh bantuan program pemerintah, baik Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Dia mengatakan ini juga tantangan baru bagi kita, agar tidak terjadi tumpang tindih bantuan, dengan tetap mengedepankan asas pemerataan," terangnya.

Penyaluran tahap ini, Baznas telah menyiapkan hampir 400 paket berisi sembako bagi warga kurang mampu yang terdampak, lansia, tuna netra, dll, yang tersebar di seluruh desa/kelurahan, setelah sebelumnya pada sebelum Ramadhan lalu juga telah berbagi bantuan serupa. (OL-12)

BERITA TERKAIT