02 May 2020, 16:20 WIB

UMRAH Wisuda 291 Mahasiswa Melalui Aplikasi Zoom


Antara | Humaniora

UNIVERSITAS Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau menggelar wisuda secara daring sebagai dampak pandemi Covid-19.

Rektor UMRAH Tanjungpinang, Syafsir Akhlus, di Tanjungpinang, Sabtu (2/5), mengatakan mahasiswa yang diwisuda berjumlah 291 orang, sedangkan prosesi wisuda melalui aplikasi zoom.

Ia mengaku awalnya sempat merasa khawatir aplikasi itu belum mampu mengakomodasi seluruh mahasiswa yang diwisuda. Namun, kata dia, ternyata prosesi wisuda berjalan lancar.

Wisuda secara daring itu, sebagai pertama kali digelar di UMRAH. "Bahkan mungkin ini pertama kali diselenggarakan di Indonesia," ucapnya.

Akhlus mengatakan wisuda melalui daring sah karena hal terpenting yang menentukan kelulusan mahasiswa adalah yudisium. Mahasiswa yang sudah diyudisium secara hukum berhak menyandang gelar.

Seluruh mahasiswa yang mengikuti wisuda tersebut sudah menjalani yudisium dan ditetapkan dalam surat keputusan kampus.

Wisuda secara daring itu, kata dia, sebaiknya dipertahankan karena efektif dan sesuai dengan perkembangan zaman. Ia mengatakan wisuda secara daring dapat dilaksanakan secara cepat dan biaya murah.

Terkait foto mahasiswa yang diwisuda, menurut dia, hal tersebut dapat diatur. "Saran saya, foto bersama itu sebaiknya pada saat yudisium. Itu pun hanya dapat dilaksanakan kalau permasalahan COVID-19 ini selesai," tuturnya.

Akhlus mengemukakan seluruh mahasiswa dan orang tua masing-masing memahami kondisi yang dihadapi bangsa dan negara sekarang sehingga tidak ada seorang pun protes atas pelaksanaan wisuda yang dilakukan secara daring.

Ia menyebut banyak orang tua mendampingi anak-anaknya yang diwisuda hari ini. Mereka tampak bahagia dan bangga. "Saya ucapkan selamat kepada mahasiswa yang sudah lulus kuliah. Semoga segera membangun usaha atau bekerja," katanya. (OL-12)

BERITA TERKAIT