02 May 2020, 16:08 WIB

WHO Imbau Lockdown Dibuka Bertahap


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau negara-negara untuk mulai melonggarkan lockdown secara bertaham. Namun, bukan berarti mengendurkan kewaspadaan dan social distancing serta menjaga kebersihan. Negara harus siap untuk kembali pembatasan jika virus korona melonjak lagi.

Ahli darurat utama WHO Dr Mike Ryan mengatakan, warga yang berada di  fasilitas perawatan jangka panjang, penjara dan asrama migran harus dilindungi.

“Virus ini telah menyebar di berbagai fasilitas untuk para manula di Eropa dan Amerika Utara, sementara di Singapura covid-19 telah menginfeksi pekerja migran di asrama. Karena percikan dalam situasi seperti itu bisa berubah menjadi sebuah kebakaran dengan sangat cepat," ujarnya dikutip, Sabtu (2/5).

WHO memahami kesulitan yang dihadapi pemerintah selama  lockdown karena alasan sosial, psikologis, dan ekonomi.

Bahkan ketika beberapa negara Barat mulai mengurangi penguncian, ada tren penyebaran yang mengkhawatirkan di negara-negara dari Haiti hingga Somalia dan Yaman. Ryan juga mengutip Sudan, Sudan Selatan, Suriah, Yaman, Afghanistan, Sierre Leone, Republik Afrika Tengah, serta Nigeria utara. (CNA/OL-8)

 

BERITA TERKAIT