02 May 2020, 14:32 WIB

Masuk Babel, Nakhoda, ABK, dan Sopir Wajib Rapid Test


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Gubernur Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan mengintruksikan seluruh nakhoda, anak buah kapal (ABK), dan sopir yang masuk ke wilayah Babel untuk menjalani rapid test covid-19.

Ketua Sekretariat Pusdalops GTPP Covid-19, Mikron Antariksa mengatakan, intruksi ini untuk semakin memperketat pemeriksaan kesehatan agar para nakhoda, ABK, dan sopir bebas dari covid-19.

"Selama ini sudah dilakukan pencegahan dengan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermogun, nah sekarang wajib rapid test," kata Mikron.

Baca Juga: Gubernur Babel Lakukan Berbagai Langkah Cegah Penyebaran Korona

Mikron menjelaskan, langkah tersebut diambil lantaran adanya delapan ABK yang bekerja di kapal milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
terkonfirmasi positif Covid-19.

"Delapan ABK tersebut saat ini sudah dikarantina di Wisma Pendidikan dan Latihan (Diklat) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Babel," ujarnya.

Ia menyebutkan, rapid test untuk nakhoda, ABK, dan sopir ini merupakan perintah langsung Ketua Gugus Tugas sekaligus Gubernur Babel. "Nanti petugas yang melakukan rapid test dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Babel," ucap dia. (RF/OL-10)

BERITA TERKAIT