02 May 2020, 14:25 WIB

Hingga Hari ke-8 PSBB, Data Bansos DKI Masih Bermasalah


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

HINGGA hari kedelapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap dua, pendataan penerima baru untuk bantuan sosial (PSBB) belum selesai.

Pemprov DKI Jakarta masih melakukan pendataan tersebut hingga ke tingkat RT/RW. Hal itu disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DKI Jakarta Catur Laswanto.

"Pendataan masih masih berjalan, terutama untuk menampung masukan-masukan RT/RW terkait usulan atas warga yang layak menerima bansos, namun pada tahap pertama belum terdata," ungkap Catur kepada Media Indonesia, Sabtu (2/5).

Catur yang juga menjabat sebagai Asisten Sekda Bidang Kesejahteraan Rakyat itu menjabarkan bahwa pendataan yang dilakukan saat ini tidak hanya menyasar warga tidak mampu yang berhak menerima bansos.

Dari pendataan ini, Catur menegaskan Pemprov juga sekaligus menyisir warga mampu yang terdata sebagai penerima bansos.

"Ini sekaligus juga untuk merevisi data apabila ada warga mampu yang terdata sebagai penerima bansos," tukasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ada 1,6% bansos yang tidak tepat sasaran. Untuk itu, pihaknya berjanji memperbaiki data penerima sekaligus mendata para warga yang tidak mampu akibat pandemi covid-19 untuk turut menerima bansos di penyaluran selama PSBB tahap 2.(OL-4)

BERITA TERKAIT