02 May 2020, 13:03 WIB

Home Service, Cara Chandra Gupta Bertahan dan Bantu Karyawan


Rudy Polycarpus | Humaniora

PANDEMI Korona praktis mengepung hampir seluruh sektor kehidupan, tetapi kreativitas tidak boleh berhenti agar denyut perekonomian tetap berdetak.

Salon Chandra Gupta Hair and Beauty merupakan salah satu sektor usaha yang terdampak pandemi korona. Praktis sejak DKI Jakarta menerapkan pembatasan sosial berskala besar, sang pemilik Chandra Gupta harus menutup gerainya di sejumlah mal di Ibu Kota dan daerah lain.

Baca juga: Di Hari Ibu, Tiga Ibu dapat Kado Spesial dari Chandra Gupta Salon

Padahal, kata Chandra, ratusan karyawannya harus menyambung hidup dan ia berkomitmen tidak melakukan pemutusan hubungan kerja. Pandemi memaksanya menghadapi situasi yang berbeda.

Akhirnya ia memutuskan melakukan layanan home service alias layanan ke rumah.

"Saya lakukan ini demi karyawan-karyawan saya. Mereka harus tetap punya income. Di satu sisi, saya juga menghormati kebijakan pemerintah untuk melakukan social distancing," tandasnya kepada Media Indonesia, Sabtu (2/5).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Chandra Gupta Salon (@chandraguptasalon) on

Gayung pun bersambut dari pelanggan Chandra yang banyak berasal dari kalangan selebritis dan kelas atas Ibu Kota. 

Saat menyambangi kediaman pelanggannya, ia menerapkan protap bahwa karyawannya harus menggunakan pelindung wajah, tubuh masker, dan sarung tangan. 

Setiap karyawan mendapatkan jatah giliran melayani home care.

"Pakai alat pelindung diri korona itu wajib agar memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada pelanggan. Beruntung setiap hari ada saja pelanggan," tandas Chandra.

Kendati roda bisnisnya masih berjalan, Chandra berharap pandemi ini segera berakhir. Pasalnya, banyak kalangan usaha yang mulai rontok jika situasi ini berkepanjangan

"Saat dunia semakin tidak menentu, kalau dibilang pusing tujuh keliling. Tapi saya yakin badai pasti berlalu. Paling penting karyawan semua sehat, dan bisa kerja" ujar Chandra. (OL-8)

​​

BERITA TERKAIT