02 May 2020, 07:50 WIB

Mensos Ajak Kawal Bansos


(Ifa/H-2) | Humaniora

MENTERI Sosial Juliari P Batubara mengharapkan berbagai Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) aktif mengawal penyaluran bantuan sosial. Menurutnya, PSKS dapat terlibat dalam menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait bantuan sosial reguler maupun khusus.

"Penanganan aduan mengenai bansos pun harus dibantu teman-teman semua di daerah karena data juga kami dapatkan dari daerah," ujar Mensos saat rapat telekonferensi bersama 225 peserta PSKS, kemarin. PSKS yang dimaksud Mensos ialah pekerja sosial masyarakat (PSM), tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), karang taruna, organisasi sosial/lembaga kesejahteraan sosial (LKS), pendamping komunitas adat terpencil (KAT), Forum CSR (Kessos), serta dunia usaha.

Secara terpisah, Menko PMK Muhadjir Effendy menegaskan bansos presiden diprioritaskan bagi mereka yang belum terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan belum menerima bantuan reguler seperti PKH. "Karena DTKS ini sebagian besar sudah mendapatkan bantuan reguler dari pemerintah," imbuhnya. (Ifa/H-2)

BERITA TERKAIT